Berwisata Sepeda di Kampung Pare Kediri

Sepeda di Kampung Inggris Pare

Sepeda di Kampung Inggris Pare

Nyambung dengan artikel sebelumnya, disini saya masih membahas tentang hidup di kampung inggris di Pare.  Saya mau bertanya apakah anda bisa naik sepeda ? kalo ga bisa sayang sekali karena disini aktivitas kebanyakan dilakukan dengan bersepedaan, jadi kemana aja pake sepeda. Waktu saya kesana pada musim liburan panjang, kampung inggris sangat ramai. Banyak mahasiswa dari luar kota yang ingin belajar disini. Di Kampung Bahasa Pare Kediri, Sepeda menjadi alat trasportasi yang utama misalnya saja, ke tempat les, tempat makan, ke alun alun pare, atau muter muter pare semua pake sepeda. Cape emang naek sepeda, tapi disitulah asiknya banyak cerita dan pengalaman yang ga di dapet di Jakarta tempat saya tinggal, apa lagi kalo bersama teman-teman jalan-jalan nya. Disana banyak tukang sewa sepeda, sewa sepeda disana sekitar 50.000 rupiah – 90.000 rupiah selama sebulan penuh, dengan jaminan KTP aja. Harga sewa sepeda disana tergantung nawarnya dan juga kualitas dari sepedanya itu sendiri.  Sebelum ke Pare syaratnya harus bisa naik sepeda dah, haehehe,,, (just kidding) J

BERWISATA SEPEDA DI MALAM MINGGU

Les di kampung inggris biasanya senen-jumat  tapi ada yang sampai sabtu sih dan dalam sehari 3 pertemuan (pagi, siang, malem) untuk satu tempat les. Pada hari sabtu minggunya bisa libur, biasanya saya memanfaatkan libur ini untuk menyegarkan otak yang selama 5 hari full terus di gas belajar (bahasa sehari-harinya sih ngilangin stress).

Tugu Garuda Pare

Tugu Garuda Pare

Untuk malem minggu ato malem senen saya punya rekomedasi 2 tempat asyik, yaitu garuda park dan alun alun. Garuda park, itu adalah sebuah perempatan jalan yang ditengahnya tugu garuda panca sila dan biasanya untuk kumpul-kumpul anak muda. Dipinggirnya banyak warung makanan dan angkringan-angkrinan lesehan yang buka mulai sore hari. Saya bersama teman teman suka berkumpul dan untuk menikmati udara malam pare disana, selain makanan murah dan karena tempatnya lesehan yang sehingga makin lebih akrab. yang enak disana sih nasi kucing, jagung bakar dan jahe susunya, tapi ati ati kadang kadang ada bencong lewat , hahahaha.

Makan Lesehan di Alun-Alun Pare

Makan Lesehan di Alun-Alun Pare

Tempat kumpul malem sama temen satu lagi adalah alun-alun kota pare, ini juga sering saya kunjungi bersama teman teman kalau malem minggu, karena ini tempat bisasanya anak muda pare berkumpul pada malam minggu dan selain banyak penjual makanan disini juga suasananya seperti pasar malem, pokonya seru dah. Saya pernah nanya orang Parenya katanya tempat kumpul anak muda pare ya dialun alun kebanyakan.

WISATA SEPEDA DI HARI MINGGU

candi surowono

candi surowono

Oiya di sekitar pare juga ada objek wisata candi surowono dan goa surowono. Naik sepeda Dari kampung inggris perlu waktu sekitar 40menitan lah.  Candi Surowono adalah candi peninggalan sejarah yang masih ada, tapi untuk ceritanya kurang tau soalnya disana cuma foto-foto aja, untuk lebih jelasnya datang langsung aja ke lokasinya sendirI, hehehe . Untuk masuknya murah ko Cuma 1.000 rupiah <tahun 2010>.

berfoto di candi surowono

berfoto di candi surowono

Klo goanya ga jauh dari candinya, tinggal sepedaan 5 menit juga sampe. Selanjutnya adalah ke Gua Surowono. Gua surowono adalah goa kecil yang dialiri air, kalo kata saya sih sunggai dalam tanah. Klo kita kesini bisa masuk ke dalam gua dan mengikuti arus airnya, tapi tentu dengan didampingi warga sekitar, dulu (tahun 2010) sih bayar 15.000 ribu klo ga salah serombongan dan satu rombongan berisikan 10 orang. Jadi goanya tu kecil setinggi orang berdiri bahkan sampe harus menunduk dan lebarnya ½ meteran jadi papas an sama orang pun ga bisa dan  di bawahnya adalah aliaran air. Kalo dari situ pasti basah kuyup dah mau ga mau dan pulangnya bawa cerita.

Dah cukup sekian kayanya, semogga yang membacanya bermanfaat dan memiliki gambaran tentang pare, terimakasih.

Fibrian Yusefa Ardi (Manajemen Perumahsakitan UI 2009)

One Response

  1. alan 10/06/2014 Reply

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *